Selasa, 27 Oktober 2009

MENGATASI LUMUT PADA TANGKI PERSEDIAAN AIR RUMAH

Hampir seluruh rumah tangga mempunyai tangki penyimpan air bersih yang letaknya dilantai paling tinggi atau menggunakan penyangga yang tingginya kadang-kadang melebihi tinggi bangunan rumah tinggal, sehingga selalu terkena sinar matahari, nah disinilah masalahnya, ternyata air didalam tangki penampungan yang umum terbuat dari bahan "FIBER" dan juga umumnya berwarna "ORANGE" apabila kena sinar matahari cepat sekali menimbulkan "LUMUT", untuk hal ini penyebabnya kata orang pintar masalah air adalah "adanya proses persenyawaan antara plankton-plankton yang ada didalam air pada tangki dengan sinar matahari".

Sehingga tangki penyimpanan air tersebut harus selalu dibersihkan dari "LUMUT" maksimal 2-3 minggu sekali, bila tidak dibersihkan, "LUMUT-LUMUT" tersebut akan terbawa kedalam pipa saluran air yang akan menyebabkan tersumbatnya pipa air tersebut. Jadi dapat dibayangkan betapa repotnya harus selalu membersihkan tangki air yang terletak diatas rumah atau yang terletak pada penyangga yang tinggi.

Inilah Tip khusus (yang saya lupa dapatnya dari mana) untuk mengatasi masalah "LUMUT" pada tangki penyimpanan air di rumah tinggal atau tempat-tempat lainnya :

1.  Usahakan tidak menggunakan tangki penyimpan air yang terbuat dari "FIBER WARNA TERANG"
      kalau bisa gunakan tangki yang berwarna gelap "Hitam atau Biru Tua (Biru Dongker).
2.  Kalau sudah menggunakan tangki air yang berwarna terang (Orange), gunakan cat besi warna hitam
     untuk mengecat seluruh permukaan luar tangki. Sebelumnya bersihkanlah seluruh tangki air baik bagian
     luar maupun bagian dalamnya.

Hal ini sudah saya praktekan dan berhasil, sudah hampir 2 (dua) tahun saya tidak pernah membersihkan tangki air dari "LUMUT" lagi. Mudah-mudah "TIP" ini berguna bagi siapa saja yang percaya............! silakan praktekan segera.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar