Kamis, 22 Oktober 2009

Mengatasi Gangguan Listrik Di Rumah Tangga

Gangguan listrik di Rumah banyak sekali penyebabnya, sedangkan yang dikemukakan disini hanya salah satu kondisi yang sering terjadi dan membuat pemilik rumah bingung dan terganggu dengan tiba-tiba listrik mati mendadak pada waktu hujan.
Kadang-kadang karena tidak sabar dan kurangnya pengetahuan tentang listrik rumah tangga, pemilik rumah langsung mengembalikan posisi MCB (Mini Circuit Breaker) yang ada di meteran listrik ke posisi "ON" dan jatuh kembali ke posisi "OFF" karena gangguan yang sebenarnya belum diketemukan.

Berikut ini TIP-TIP untuk mengatasi salah satu masalah gangguan listrik tersebut :

1. Langkah pertama, Matikan atau tempatkan/geser seluruh "KONTAK" yang ada di rumah pada posisi "OFF"
2. Langkah ke-dua, Cabut atau lepaskan seluruh "STECKER" yang masih terhubung dengan "STOP KONTAK"
3. Langkah ke-tiga, kembalikan MCB pada meter listrik ke posisi "ON" dan ternyata tidak jatuh ke posisi "OFF"
4. Langkah ke-empat, geser satu per satu secara bergantian "KONTAK" ke posisi "ON" dan apabila "MCB" pada meter listrik jatuh kembali ke posisi "OFF" setelah menggeser "KONTAK" yang ke Sekian, maka penyebab gangguan terletak pada instalasi yang terhubung dengan "KONTAK" terkait.
5. Langkah ke-lima, "OFF" kan "KONTAK" terkait, sebagai penanggulangan sementara sambil menunggu datangnya "AHLI LISTRIK" yang akan memperbaiki instalasi listrik yang terkait dengan "KONTAK"
tersebut.
6. Bila dari "KONTAK" tidak ada masalah/gangguan, lakukan langkah-langkah diatas untuk "STECKER" yang terhubung dengan "STOP KONTAK"

Mudah-mudahan TIP ini berguna bagi keluarga yang awam dengan instalasi listrik di rumah tangga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar